Cara Membersihkan Karpet Masjid

Cara Membersihkan Karpet Masjid

Karpet biasanya digunakan sebagai alas atau penutup lantai yang mana fungsinya adalah agar pijakan kaki bisa terasa lebih nyaman dan hangat. Penggunaan karpet ini juga diaplikasikan pada masjid sebagai dasar dalam menjalankan ibadah. 

Nah, karpet yang biasanya digunakan pada masjid ini kebanyakan memiliki corak menyerupai sajadah. Sehingga terkadang orang yang akan beribadah sudah tidak perlu lagi menggunakan sajadahnya karena karpet masjid pun sudah cukup. 

Konsep utama masjid memang sering dibuat terbuka, sehingga banyak debu dari luar yang mudah sekali untuk masuk. Selain itu, debu-debu ini juga sangat mudah menempel pada karpet masjid. Hal inilah yang sering menimbulkan warna dari karpet masjid menjadi lebih gelap atau terasa kotor di kaki ketika diinjak. 

Oleh sebab itu, karpet masjid pun perlu dicuci secara rutin agar kebersihannya tetap terjaga, sehingga orang yang akan beribadah pun bisa merasanya nyaman. Ingat juga peribahasa yang mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. 

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet Sajadah Masjid - HJ CLEAN
sumber : cucikarpetmasjid.com

Berikut cara nya membersihkan karpet masjid :

1.Menjemurnya dibawah sinar matahari

Hal pertama yang sangat mudah dilakukan untuk membersihkan karpet sajadah adalah dengan menjemurnya dibawah terik matahari. Hal ini dilakukan agar kuman, bakteri, kotoran maupun debu yang menempel pada karpet sajadah bisa mati dan hilang. Selain membuat bakteri dan kuman mati, menjemur sajadah juga berguna untuk menghilangkan aroma atau bau yang tidak sedap yang menempel, sehingga karpet sajadah kembali bersih.

2.Menggunakan penyedot debu atau vacum cleaner

Vacum cleaner atau sering kita sebut dengan alat penyedot debu adalah langkah kedua yang dapat dilakukan untuk membersihkan karpet masjid. Alat ini akan membersihkan dengan menyedot berbagai kotoran maupun debudan bakteri yang menempel pada karpet sajadah. Jadi karpet sajadah yang kotor akan lebih cepat dibersihkan menggunakan vacum cleaner ini dengan mudah. Karpet sajadah akan kembali bersih dan nyaman digunakan ketika beribadah.

Baca Juga Cara Mencuci Karpet Agar Harum

3.Membersihkan dengan mesin karpet spotter

Jika pada karpet sajadah terdapat bercak ataupun noda yang sangat mengganggu maka menggunakan mesin spotter ini adalah solusinya. Mesin spotter dinilai sangat ampuh guna membersihkan noda membandel pada karpet, sehingga anda tidak perlu susah-susah untuk menggosoknya menggunakan sikat. Hanya dengan menggunakan mesin ini maka noda dan bercak yang menempel akan cepat hilang sehingga karpet sajadah kembali kinclong.

4.Mencuci karpet dengan mesin extractor

Menggunakan mesin karpet extractor untuk mencuci karpet merupakan cara yang sangat efektif. Karpet sajadah yang sudah lama tentu ada masanya harus dicuci, untuk mencucinya pun anda pasti kewalahan jika harus menggunakan tangan untuk menggosok semuanya. Alat ini akan membersihkan kotoran, debu dan juga bau yang menempel pada karpet. Anda tidak perlu khawatir dan susah untuk mencuci karpet yang pasti cukup berat. Hanya dengan menggunakan mesin extractor ini anda akan lebih terbantu untuk membersihkan masjid.

Dengan menggunakan cara-cara tersebut maka proses pembersihan beli sajadah panjang akan lebih mudah dan juga hemat tenaga. Dengan karpet sajadah yang bersih maka ibadah anda akan lebih nyaman dan berjalan lancar.

Oh ya, untuk anda yang ingin mencuci karpet bulu tapi tidak punya waktu, kita sekarang ada solusi nya yaitu Hjclean, yang dimana Hjkarpet ini merupakan fitur baru dari decorindoperkasa yang hadir untuk membantu membersihkan karpet anda yang kotor!

sumber : jagocleaning.id & decorindoperkasa.com

Ingin baca info menarik lainnya bisa klik DISINI

Jika Anda Berminat Tentang Seputar Karpet, Keset, Dan Sajadah Bisa Hubungi Email Dibawah Ini :

hjkarpetofficial@gmail.com

Close Menu