Cara Membersihkan dan Merawat Karpet Bulu di Rumah agar Awet

Cara Membersihkan dan Merawat Karpet Bulu di Rumah agar Awet

Karpet bulu memang bisa jadi hiasan rumah yang cantik sekaligus nyaman untuk digunakan. Namun, merawat dan membersihkannya memang tidak mudah. Kamu perlu melakukannya dengan rajin, hati-hati dan teliti. Agar karpet bulumu tidak rusak, cek di sini caranya.

Ini cara merawat dan membersihkan karpet bulu di rumah. 

Memang cara paling praktis untuk membersihkan karepet bulu ada memanggil jasa profesional untuk melakukannya. Namun, tentu saja kamu juga perlu bisa melakukannya sendiri, karena karpet bulu ini harus rutin dibersihkan dan dirawat. Selain itu, tentu saja bisa sangat menghemat biaya. Jadi, mari cari tahu cara merawat dan membersihkan karpet bulu di rumah agar tidak cepat rusak, berikut ini. 

1. Kibaskan dan hindari menjemur langsung di bawah terik matahari

Karpet bulu, tentu akan sangat mudah menyimpan debu dan kotoran lainnya yang terjatuh di karpet. Untuk itu, setiap satu minggu sekali kamu perlu menjemurnya di udara dan ruang terbuka. Namun, hindari menjemur langsung di bawah sinar matahari karena bisa membuat bulunya jadi kasar dan rusak. 

Bawa karpet bulu ke luar ruangan, kibaskan sambil ditepuk-tepuk permukaannya agar semua kotoran jatuh. Lalu jemur di tempat dengan sirkulasi udara yang baik, atau biasa disebut diangin-angin, namun jangan langsung di bawah terik matahari. 

Jangan juga menjemurnya di ruangan yang lembap dan tanpa cahaya, karena karpet bisa jadi bau dan lembap. Lakukan proses ini setidaknya 1-2 kali seminggu. 

2. Gunakan vacuum cleaner

Cara paling praktis dan efektif untuk membersihkan karpet bulu ada dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun, pastikan daya sedotnya tidak terlalu kuat agar bulunya tidak rusak atau ikut tersedot. Jika perlu, lapisi karpet dengan kain tipis baru sedot dengan vacuum cleaner.

Lalu jangan hanya membersihkan bagian atasnya, saja, kamu juga perlu menyedot bagian bawahnya agar semua debut dan kotoran yang terjebak di karpet benar-benar bersih. Bersihkan karpet dengan vacuum cleaner setiap hari atau setidaknya 3-4 kali seminggu. 

BACA JUGA CARA MENCUCI KARPET AGAR HARUM

3. Jangan menyapu karpet bulu

Menyapu karpet bulu menggunakan sapu, apalagi yang terbuat dari ijuk sangat bisa merusak bulu. Bulu akan jadi kasar, kusut, bahkan rontok. Belum lagi, jika ijuk atau rambut sapunya rontok di karpet, bukan makin bersih, malah makin menambah kotoran. 

Selain itu, menyapu karpet bulu tidak akan bisa mengangkat kotoran dengan maksimal. Jatuhnya, hanya lebih menyebarkannya lebih luas ke bagian permukaan karpet lain dan kotoran pun tetap tersangkut di dalam karpetnya. 

4. Hindari mencuci karpet bulu dengan air dan sabun sendiri di rumah

Mencuci sendiri karpet bulu menggunakan air dan sabun di rumah akan sangat merepotkan dan kemungkinan besar hasilnya tidak akan bersih maksimal. Detergen atau sabun yang digunakan pun tidak bisa asal karena bisa merusak bulunya menjadi kusut, kasar bahkan rontok. 

Selain itu, akan sulit sekali untuk membilas karpet hingga detergennya benar-benar bersih, alias butuh alat khusus. Belum lagi sikat yang digunakan juga perlu yang sangat lembut dan dilakukan dengan teknik yang tepat. Jadi daripada sangat merepotkan dan hasilnya juga malah jadi rusak dan tidak bersih, lebih baik jangan melakukan hal ini sendiri di rumah. 

Sumber : review.bukalapak.com

Ingin baca artikel menarik lainnya bisa klik Disini

Close Menu