Begini Cara Membersihkan Karpet Mobil yang Bisa Dipraktekkan di Rumah

Membersihkan karpet mobil tak mesti dilakukan di tempat cuci mobil. Sahabat bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Membersihkan karpet mobil di rumah sendiri bisa lebih menghemat pengeluaran Sahabat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, bila Sahabat ingin membersihkan karpet mobil di rumah. Cara-cara tersebut adalah:

Mengenal 4 Jenis Karpet Mobil Beserta Kelebihan dan Kekurangannya |  BukaReview
review.buukalapak.com

Keluarkan Karpet Mobil

Cara pertama yang mesti dilakukan adalah mengeluarkan karpet mobil. Mengeluarkan karpet mobil dari mobil sendiri akan mempermudah proses pembersihan karpet mobil itu sendiri.

Melakukan cara ini juga bisa membuat kotoran pada karpet tidak mengenai bagian mobil lainnya. Setelah dikeluarkan dari mobil, letakkan karpet langsung ke tempat yang cukup terbuka.

Basahi dengan Air

Setelah dikeluarkan, segera basahi karpet dengan menggunakan air. Usahakan seluruh permukaan karpet dibasahi air secara merata. Cara ini dilakukan agar kotoran pada karpet lebih mudah untuk dibersihkan.

Baca Juga Cara Membersihkan Karpet Bulu Agar Awet

Oles dengan Sabun, lalu Sikat

Bila semua permukaan karpet telah dibasahi, segera olesi permukaan karpet tersebut dengan sabun atau shampo. Khusus untuk karpet yang kotorannya cukup banyak atau tebal, Sahabat mesti mengoleskan sabun atau shamponya dalam jumlah banyak. Hal itu dilakukan agar kotoran tersebut bisa semakin mudah dibersihkan.

Segera sikat permukaan karpet dengan sikat khusus, setelah sebelumnya diolesi oleh sabun. Sikat yang dipakai sendiri bisa apa saja. Tergantung kotoran semacam apa yang harus dibersihkan.

Jika kotorannya tergolong mudah dibersihkan, Sahabat bisa memakai sikat dengan kuas yang lebar. Kalau kotorannya cukup membandel, sikat dengan kuas yang tebal dan kuat adalah pilihan tepat. Apa pun jenis sikat yang dipakai, pastikan sikat tersebut mampu membuat karpet betul-betul bersih dari kotoran.

Siram dan Jemur

Siram permukaan karpet hingga bersih, jika Sahabat telah selesai menyikat permukaan karpetnya. Pastikan seluruh sisi permukaan karpet betul-betul bersih dari kotoran dan sabun.

Bila sudah bersih, Sahabat bisa langsung menjemur karpetnya. Kami sarankan untuk tidak menjemur di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Melakukan hal itu akan membuat warna asli pada karpet akan memudar. Sebagai solusi, jemurlah karpet di tempat yang kering dan mudah terkena angin.

Bersihkan Kabin dengan Vacum Cleaner

Karpet mobil lazimnya dipasang di kabin mobil. Sebagaimana karet mobil, kabin juga mudah terkena kotoran dan debu. Oleh karenanya, Sahabat harus segera membersihkannya, supaya kotoran dan debu pada kabin tidak mengenai karpet mobil. Sahabat tentu tidak ingin ‘kan bila karpet mobil yang sudah Sahabat bersihkan kotor lagi, karena terkena kotoran dari kabin?

Sahabat bisa langsung memasang karpet mobil, bila kabinnya sudah betul-betul bersih. Pastikan agar karpetnya sudah betul-betul kering, sebelum nantinya dipasang ke kabin mobil.

Lakukanlah Semua Cara di Atas Secara Rutin

Aga karpet mobil selalu bersih, pastikan untuk melakukan semua cara di atas secara rutin. Tak harus setiap hari. Sahabat bisa melakukannya seminggu atau 2 minggu sekali.

Kalau sekiranya karpet mobil terkena kotoran yang banyak padahal sudah dibersihkan, jangan ragu untuk segera membersihkan karpet mobil tersebut. Hal tersebut dilakukan agar kotoran yang banyak itu tidak mengeras dan semakin sulit dibersihkan.

Membersihkan karpet mobil tak mesti dilakukan di tempat cuci mobil. Sahabat bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Membersihkan karpet mobil di rumah sendiri bisa lebih menghemat pengeluaran Sahabat.

Sejumlah cara membersihkan karpet mobil di rumah sendiri sudah kami sampaikan di atas. Semoga bisa dipraktekan, ya!

Sumber : daihatsu.co.id

Ingin baca info menarik lainnya bisa klik DISINI

Jika Anda Berminat Tentang Seputar Karpet, Keset, Dan Sajadah Bisa Hubungi Email Dibawah Ini :

hjkarpetofficial@gmail.com

Close Menu