Demi Kesehatan Ayo bersihkan Noda Pada Karpet

Setiap rumah pasti memiliki karpet, tidak hanya untuk alas duduk tapi mungkin juga untuk memperindah interior ruangan. Selain itu, karpet juga lebih tahan lama dari pada tikar yang terbuat dari plastik. Untuk soal ketahanan tersebut memang tidak terlepas dari rajin dan tidaknya Anda membersihkannya. Bahkan cara benar dan tidaknya dalam membersihkan karpet pun turut berpengaruh pada ketahanannya.

Alasan kenapa karpet harus sering dibersihkan ialah karena kapet mampu menyimpan banyak partikel kotor dan zat lainnya untuk bersarang di dalamnya. Sebut saja debu, tengu, sel kulit mati, zat kimia, minuman yang tumpah, tanah, sisa makanan, dan masih banyak lagi. Daya serap karpet yang cukup tinggi menyebabkan zat-zat tersebut mudah bersarang di karpet.

Selain itu, bakteri dan polutan lain yang menempel di karpet juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan bagi Anda dan keluarga, seperti gangguan pernapasan, alergi, gatal-gatal, dan lain-lain. Hal-hal seperti itulah yang menjadikan membersihkan karpet secara rutin itu menjadi hal penting dalam agenda rumah tangga.

Hal paling dasar yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan noda dari karpet adalah dengan rajin melakukan vakum. Meskipun vakum tidak  bisa menangkap partikel kecil, namun itu menjadi lebih baik daripada tidak dilakukan sama sekali.

Kalau mau mencuci karpet, gunakan tisu basah bayi atau kain mikrofiber yang sudah ditetesi cuka, lalu bersihkan noda dengan cara menyeka noda tersebut secara lembut. Untuk membersihkan secara menyeluruh, basahi kain mikrofiber dengan air bersabun lalu lap karpet Anda secara perlahan. Biarkan selama beberapa saat agar sabun menyerap ke dalam serat. Gunakan air dalam jumlah yang sangat sedikit untuk membilas agar bahan tidak rusak. Untuk mengeringkan adalah biarkan saja secara alami di bawah sinar matahari. Dengan demikian karpet Anda menjadi lebih awet. Selain itu, apabila tidak ada cukup ruang untuk menjemur di bawah sinar matahari, gunakan spon bersih yang mampu menyerap kelebihan air hingga kering.

Ada lagi cara lain untuk membersihkan karpet yakni dengan menggunakan bubuk pembersih khusus karpet atau bubuk soda kue. Caranya taburkan serbuk di atas karpet. Biarkan selama kurang lebih 30 menit agar pembersih mendapatkan kesempatan untuk terserap dan bekerja menghilangkan noda dan bau. Setelah itu sedot dengan mesin penghisap debu. Noda dan kotoran akan ikut terangkat bersama serbuk. Selamat mencoba!

 

Close Menu